Fasilitas yang Wajib Ada Dalam Ruang Meeting

4 Fasilitas yang Wajib Ada Dalam Ruang Meeting

Ruang meeting merupakan suatu ruangan sakral yang wajib dimiliki dalam suatu gedung perkantoran. Ruang meeting adalah tempat dimana ide, informasi dan pembicaraan penting dicetuskan dan dibahas bersama. Oleh karena itu ruang meeting haruslnah menjadi ruangan yang nyaman dan tenang agar seluruh partisipan dalam rapat bisa berkonsentrasi dengan topik bahasan mereka. Bukan hanya itu saja, ruang meeting juga harus didukung dengan fasilitas yang memadai agar aktivitasnya didalamnya bisa berjalan dengan lancar.

Maksimalkan Ruang Meeting Dengan Fasilitas-Fasilitas Ini

 

Dalam sebuah ruang meeting, meja panjang dan kursi tentu sudah menjadi hal yang wajib ada. Namun ada pula fasilitas-fasilitas didalam ruang meeting yang berfungsi sebagai aspek-aspek pendukung dalam kelancaran meeting. Berikut kami telah merangkum beberapa fasilitas yang wajib dimiliki dalam sebuah ruangan meeting, selain meja dan kursi.

1. PROYEKTOR

Proyektor adalah hal yang penting dan wajib dimiliki dalam ruang meeting. Dengan adanya proyektor, presentasi akan berjalan dengan lebih gampang karena semua peserta bukan hanya mendengarkan presentator berbicara namun juga bisa melihat melalui visualisasi yang dipantulkan oleh proyektor. Ada baiknya jika jenis proyektor yang digunakan merupakan proyektor umum, yang dapat digunakan oleh berbagai merk laptop yang berbeda-beda, serta lengkap dengan kabelnya.

2. KONEKSI INTERNET

Adanya jaringan internet didalam suatu ruangan meeting juga suatu hal yang penting. Meski pada dasarnya materi meeting sudah disiapkan sebelum meeting dimulai, namun kadang kala situasi meeting mengharuskan partisipan untuk membuka email ataupun mengakses data/file lain yang ada di internet. Bisa juga dikarenakan meeting mengharuskan partisipan melakukan video call dengan partisipan lain yang berada di luar kota. Oleh karena itu, jaringan internet yang memadai jelas diperlukan dalam ruangan eeting.

3. GORDEN

Konsep ruang meeting open space kini menjadi konsep yang cukup digemari oleh banyak orang. Dengan dinding dari kaca membuat aktivitas diluar ruang meeting dapat dipantau dengan mudah serta memberikan kesan luas. Namun apabila sifat meeting adalah tertutup atau rahasia, maka ada baiknya jika disediakan gorden untuk menghalang pandangan dari luar ke dalam ruang meeting. Gorden juga berguna untuk menghalau sinar matahari yang menyilaukan dan menganggu proses meeting.

4. PAPAN TULIS KACA DAN PERLENGKAPAN MENULIS

Yang tidak kalah pentingnya dalam ruangan meeting adalah kehadiran papan tulis kaca atau glassboard. Ketika melakukan meeting dan brainstorming, ada kalanya presentator akan menjelaskan dan menjabarkan pemikirannya secara lebih rinci kepada para partisipan lainnya, misalnya dengan tabel atau peta konsep. Untuk itu dibutuhkan sebuah papan tulis agar memungkinkan presentator untuk menjelaskan idenya, lengkap dengan alat tulis berupa spidol dan penghapus. Kini banyak orang beralih dari papan tulis biasa ke papan tulis kaca. Alasannya karena penggunaan glassboard lebih tahan lama dan eco-friendly. Selain itu, coretan spidol pada glassboard akan lebih mudah dibersihkan ketimbang papan tulis biasa yang akan meninggalkan bekas pada dinding. Harga glassboard ini sendiri bergantung pada ukuran yang diperlukan dengan kisaran minimal 90×200 cm dengan harga 2.450.000 hingga ukuran besar 120×240 cm dengan kisaran harga mencapai 3,2 juta rupiah.

Demikian 4 fasilitas penting yang harus tersedia dalam sebuah ruang meeting. Adanya fasilitas-fasilitas diatas dalam ruang meeting tentu akan membawa dampak positif bagi kerbelangsungan aktivitas meeting itu sendiri. Fasilitas-fasilitas pelengkap ini sendiri tidaklah sulit untuk didapat, dengan membeli di gerai toko yang ada jual glassboard atau proyektor, maka kondisi ruang meeting akan menjadi lebih baik lagi.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *