Cara Ampuh untuk Mencegah Kebocoran pada Talang Air

Begini Cara Ampuh untuk Mencegah Kebocoran pada Talang Air

Talang air merupakan bagian terpenting dari rumah yang harus diperhatikan keberadaannya. Banyak orang ketika membangun rumah tidak merencanakan dengan baik dan meremehkan soal konstruksi suatu talang air, sehingga tidak heran jika waktu musim hujan nanti dinding, pintu dan jendela rumah cepat lapuk akibat talang air yang bocor dan membuat air hujan merembes kemana – mana.

Berbagai jenis talang air sudah banyak diperjual belikan di toko – toko bangunan, Anda tinggal memilihnya sesuai selera dan budget yang tersedia. Sebelum Anda membuat talang air pada rumah, sebaiknya kenali dahulu jenis talang yang biasa dipakai oleh para jasa konstruksi dan cara perawatannya supaya lebih awet.

Jenis Talang Air

Di zaman dahulu talang air hanya terbuat dari satu jenis bahan saja, namun seiring berjalannya waktu sekarang banyak sekali jenis talang yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, contohnya seperti :

  • Talang yang Terbuat dari Plastik – Talang jenis ini dibuat dari plastik PVC dan memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding talang air jenis lainnya. Namun dengan harga yang murah tersebut, ternyata talang  air yang terbuat dari plastik sangat rentan terhadap cuaca panas dan dingin sehingga membuatnya tidak lentur lagi. Hal ini akan menyebabkan talang mudah mengalami kebocoran dan tidak awet.
  • Talang yang Terbuat dari Beton – Dalam pembuatan talang air dari beton diperlukan biaya yang cukup mahal. Meskipun kekuatan  dan keawetan talang ini tidak diragukan lagi, namun dalam pembuatannya tetap harus dilapisi lapisan anti air ( wateproof ) supaya air tidak merembes. Harga waterproofing coating cukup bervariatif tergantung dari merknya.
  • Talang yang Terbuat dari Seng – Talang air jenis ini sering dipakai oleh masyarakat karena harganya yang murah. Untuk tingkat keawetannya terbilang cukup jelek, karena sifat dari seng yang tidak tahan akan cuaca panas atau dingin. Sehingga membuat talang dari bahan ini rentan terkena karat dan akhirnya menjadi berlubang.

Perawatan Talang Air

Untuk mencegah talang air menjadi rusak atau bocor, maka perlu dilakukan perawatan secara berkala. Berikut beberapa cara ampuh dalam mencegah kebocoran pada  talang. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

  • Membersihkan Talang dari Kotoran – Seringkali penyebab talang air bocor adalah kotoran yang terus menumpuk di atas talang dan jarang dibersihkan, sehingga membuat talang menjadi tersumbat. Sebaiknya bersihkan talang minimal 1 (satu) minggu sekali, kemudian setelah dibersihkan dari kotoran maka talang bisa disemprot dengan air mengalir untuk memastikan salurannya benar – benar bebas tersumbat.
  • Melapisi Talang dengan Lapisan Anti Air (Waterproof) – Talang air menjadi alat untuk mengalirkan air dari atap ke tanah disaat musim hujan. Oleh karena fungsinya tersebut, maka talang air harus dilapisi oleh lapisan anti air (waterproof) untuk mencegah air merembes atau bocor. Harga waterproofing sikasendiri ditoko besi terbilang cukup bervariatif, tergantung dari merk dan selera konsumen.

Fungsi talang sebagai media untuk penampungan air hujan dari atap dan diberi saluran supaya bisa dialirkan ke bawah menjadi fungsi yang sangat penting di dalam membangun rumah. Oleh karena itu, keberadaan talang air tidak boleh dilupakan supaya dinding, pintu dan jendela tidak cepat rusak gara – gara terkena cipratan air hujan. Meskipun dinding sudah dilapisi waterproof yang memiliki harga waterproofing coating beraneka ragam, tidak menjamin rumah menjadi anti bocor.

​​​​​

​​​​​

 

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *