Cara Pasang Shower Dinding

Cara Pasang Shower Dinding yang Paling Mudah

Saat ini, penggunaan pancuran atau shower di kamar mandi banyak diminati. Itu karena pancuran dinilai lebih hemat air dibandingkan menggunakan gayung saat mandi. Selain itu, air yang keluar dari pancuran juga lebih bersih karena alat perlengakapan mandi yang satu ini sudah dipasang filter air pada head pancuran.

Keuntungan lainnya dari penggunaan pancuran adalah harga shower bervariasi tergantung dari jenis pancuran yang Anda pilih. Adapun jenis pancuran yang dijual dengan harga terjangkau adalah wallshower atau pancuran dinding.

Perlu Anda ketahui, pancuran dinding atau shower dinding ini lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis pancuran lainnya. Selain itu, pancuran dinding yang satu ini mudah dirawat dan Anda pun dapat memasangnya sendiri di rumah tanpa bantuan instalasi jasa pemasangan wallshower.

Nah, bagi Anda yang ingin memasang sendiri pancuran dinding di rumah, Anda dapat mengikuti cara pasang pancuran dinding berikut ini. Untuk lebih jelasnya, simak dulu hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang pancuran dinding.

Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Shower Dinding

Cara Pasang Shower Dinding

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memasang pancuran dinding. Adapun yang harus Anda perhatikan sebelum memasang pancuran dinding adalah sebagai berikut.

  1. Sesuaikan harga shower dengan budget Anda. Oleh karena itu, pilihlah pancuran dinding dengan harga terjangkau dan pas di kantong Anda. Namun, pastikan kualitas wallshower tersebut bagus.
  2. Cek instalasi pipa di kamar mandi Anda. Pastinya, jika Anda memilih menggunakan pancuran dinding, Anda harus menanam pipa di dinding kamar mandi. Artinya, Anda harus membongkar dinding kamar mandi untuk menanam pipa. Jika Anda berniat membongkar kamar mandi, sebaiknya gunakan gerenda untuk mengurangi getaran dinding. Selain itu, ukur panjang pipa dengan tepat supaya jalur pancuran dapat dipakai dengan baik.
  3. Buatlah sekat kamar mandi. Oleh karena itu, disarankan sebelum memasang pancuran dinding, Anda membuat sekat di kamar mandi. Adapun tujuan pemasangan sekat kamar mandi adalah untuk memisahkan area pancuran air dari wallshower, wastafel dan toilet.
  4. Perhatikan dinding dan permukaan lantai kamar mandi sebelum memasang pancuran dinding. Oleh karena itu, disarankan untuk melengkapi permukaan lantai kamar mandi dengan material antiselip supaya tidak licin, seperti kayu atau karet. Jangan lupa untuk melapisi dinding kamar mandi dengan material waterproof.
  5. Perhatikan daya semprot pancuran. Untuk daya semprot pancuran, Anda dapat mengaturnya. Hal tersebut karena daya semprot pancuran beragam, seperti: semprotan seperti jarus, semprotan lembut sampai dengan semprotan deras sekali.

Cara Pasang Shower Dinding dengan Mudah

Cara Pasang Shower Dinding

Pastinya, setelah memperhatikan 5 hal tersebut, Anda ingin mencoba memasang pancuran dinding. Perlu Anda ketahui, memasang pancuran dinding ternyata mudah. Apalagi jika pancuran yang akan Anda pasang adalah single tanpa pengaturan suhu panas dan dingin.

Adapun cara pasang pancuran dinding adalah sebagai berikut.

1. Pasang Instalasi Pipa Air

Cara Pasang Shower Dinding

Sebelum Anda memasang instalasi pipa air, siapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memasang shower dinding, seperti sebagai berikut.

  • Pipa Fleksibel ukuran tergantung kebutuhan Anda atau sekitar antara 25 – 30 cm.
  • Seal tape.
  • Brass body dan stater kit wallshower.
  • Kunci L, kunci pipa, kunci pas dan kunci inggris.

Setelah Anda menyiapkannya, pastikan Anda sudah mematikan saluran air di kamar mandi Anda. Pasang instalasi pipa input air dan output wallshower. Kemudian, pasang pipa input dan pipa output  ke brass body.

2. Pemasangan Handle

Cara Pasang Shower Dinding

Setelah semua terpasang di brass body, lakukan pemasangan handle. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Pasang round frame ke brass body.
  • Lalu, pasang handle pada brass body.
  • Untuk mengencangkan handle, pasang sekrup pada handle menggunakan kunci L. Kemudian, pasang cap handle pada handle.

3. Pemasangan Pipa Output Wallshower

Cara Pasang Shower Dinding

Adapun pemasangan pipa output wallshower cukup mudah, Anda hanya mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pasang ring cap pada pipa wallshower.
  • Kemudian, pasang pipa wallshower dan ring cap pada pipa output wallshower di bagian atas.

4. Pemasangan Head Shower

Cara Pasang Shower Dinding

Langkah terakhir pemasangan pancuran dinding adalah pemasangan head shower. Saat memasang head shower, pasang dulu seal filter pada head shower. Kemudian, pasang instalasi head shower tersebut pada pipa output.

Perlu Anda ketahui, biasanya tinggi pipa output dengan lantai kamar mandi antara 170 – 220 cm. Hal tersebut tergantung dari panjang pipa yang Anda tanam. Nah, tersebut adalah cara pasang shower dinding yang bisa Anda lakukan sendiri. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda dapat menggunakan jasa pemasangan wallshower.

 

Dapatkan harga shower terbaik hanya di temtera.com

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *