Kendala Pada Pintu Material UPVC

Ini Loh Beberapa Kendala yang Sering Terjadi Pada Pintu Material UPVC

Untuk saat ini, dunia konstruksi di Indonesia semakin berkembang. Ada banyak sekali orang yang bermunculan untuk memulai bisnis material bahan bangunan. Begitupun dengan bahan-bahan yang dijual, ada banyak sekali variasi yang bisa dipilih, tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing ya.

Sekarang, kita berbicara tentang kusen dan pintu. Selama ini, mungkin yang sering dikenal berbahan dasar kayu. Namun, sekarang tak jarang yang menggunakan UPVC sebagai bahan untuk pintu dan kusen. Nah, sebenarnya upvc ini terkenal mudah didapat dan juga murah. Namun, tetap saja ia juga punya beberapa kendala, untuk lebih jelasnya simak dalam ulasan berikut ini ya!

Hanya Bisa Digunakan untuk Pintu Tertentu Saja

Yang pertama adalah pintu UPVC ini meski banyak ditemukan di masyarakat, ia hanya bisa digunakan untuk pintu tertentu saja. Ya, yang paling cocok sih untuk pintu kamar mandi. Karena, upvc yang relative tipis bisa meningkatkan resiko jika dipakai sebagai pintu rumah. Material jenis ini memang ramah di kantong, namun mudah sekali dijebol. Akan sulit bagi mereka yang tinggal di daerah rawan kejahatan, menggunakan pintu berbahan upvc akan membuat maling mudah masuk ke dalam rumah.

Mudah Mengalami Keretakan dan Penyok

Kendala Pada Pintu Material UPVC

Seperti poin di atas, kalau pintu upvc memang paling cocok digunakan untuk ruangan yang posisinya berada di dalam rumah. Selain itu, upvc ini juga rawan sekali penyok dan mengalami keretakan saat terbentur dengan benda yang bertekstur keras, seperti kayu, besi, dan lain-lain. Saat upvc sudah retak, maka mau tak mau harus menggantinya. Karena kalau tidak, retakan tersebut bisa saja menjadi semakin bertambah besar dan tajam.

Mengeluarkan Bunyi yang Lumayan Bising

Penggunaan upvc sebenarnya sangat bagus dari beberapa segi, seperti ringan, anti bocor, tahan terhadap rayap, tidak mudah karatan dan terbakar, serta kedap suara. Namun, di satu sisi, upvc ini juga bisa mengeluarkan suara bising yang lumayan mengganggu. Ia sangat tidak direkomendasikan untuk pintu kantor atau instansi yang sering dibuka tutup sebagai jalan lewat utama. Karena, suara yang dikeluarkan oleh upvc bisa mengganggu konsentrasi orang yang sedang bekerja.

Mengalami Perubahan Warna

Kendala Pada Pintu Material UPVC

Yap, namanya juga material bangunan ya, secanggih dan sebagus apapun pasti ada celah kekurangannya. Begitupun saat menggunakan pintu upvc. Material ini bisa saja cepat berubah warna saat terkena sinaran matahari langsung. Yang tadinya mengkilap dan bersih bisa pudar saat sudah terlalu sering dipanggang oleh matahari.

Mengalami Penyusutan

Nah, ini mungkin yang juga jarang diketahui oleh orang-orang. Pintu ataupun jendela yang berbahan upvc ini bisa mengalami penyusutan seiring dengan berlalunya waktu. Penyusutan ini adalah bentuknya yang mengecil dari pertama kali dipasang ke pintu ataupun kusen. Oleh karena itu, sebagai konsumen benar-benar harus mengukur dengan pintar ukuran pintu atau kusen yang akan dipasang. Kalau perlu sih ganti setiap beberapa tahun sekali ya. Agar rumah tampak bagus dan menarik.

Nah, itulah beberapa fakta terkait dengan kekurangan menggunakan kusen ataupun pintu upvc. Namun, jangan khawatir dan lantas tak mau menggunakan ya. Ada banyak sekali kelebihan pintu ini jika mau dibandingkan dengan material besi ataupun kayu. Selain ringan dan mudah diangkut, masih banyak kelebihan lainnya, tapi yang paling penting adalah harganya yang terjangkau dan ramah di kantong. Coba deh kalau enggak percaya!!!

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *