Manfaat Dari Penggunaan Sistem Informasi di Bandara

Manfaat Dari Penggunaan Sistem Informasi di Bandara

Sistem informasi yang saat ini berkembang dengan sangat cepat membuat sistem informasi pada transportasi juga berkembang, terutama dalam bidang penerbangan. Sistem informasi bandara ini dibuat untuk memudahkan para pengguna jasa transportasi penerbangan ini. Selain itu pula, sistem informasi bandara ini akan memudahkan proses terjadinya pemesanan tiket pesawat hingga peroses terjadinya keberangkatan pesawat.

Penggunaan sistem informasi bandara ini diharuskan memiliki beberapa sistem pengelolahan yang penting di antaranya seperti sebagai berikut :

1.    Sistem penyimpanan data registrasi yang sudah dilakukan calon penumpang.

2.    Sistem penyimpanan data diri penumpang yang diharuskan bersifat aman dan terjamin kerahasiaannya.

3.    Sistem penyimpanan data-data jadwal penerbangan pesawat yang akan berlangsung maupun yang sudah berlangsung.

4.    Sistem penyimpanan id baggage koper milik penumpang yang diharapkan aman dan terjamin kesesuaiannya.

5.    Sistem penyimpanan data-data pemeriksaan penumpang yang sudah dilakukan saat check in.

Selain harus memliliki sistem-sistem di atas, FIDS juga menyediakan interface untuk beberapa jenis sistem dan dapat dicetak oleh jasa instalasi listrik melalui printer dan scan menggunakan scan editor yang disediakan.

Flight Information Display System atau disingat FIDS ini dapat kamu lihat melalui website ataupun teleteks yang sudah dipasang oleh mekanikal elektrikal di Bandara.

Manfaat Adanya Sistem Informasi di Bandara Atau FIDS

Berdasarkan keterangan dari Dirjen Perhubungan, banyak manfaat yang didapat dari penggunaan sistem informasi penerbangan di Bandara ini untuk regulator penerbangan, pengelolaan bandara hingga pengelolahan maskapai.  Adapun manfaat yang akan didapatkan dari sistem informasi peberbangan di Bandara ini adalah sebagai berikut :

1. Dapat Memberikan Gambaran Maskapai Penerbangan

Salah satu manfaat yang didapatkan dari sistem informasi penerbangan di bandara ini adalah memudahkan dirjen perhubungan memantau pelayanan maskapai penerbangan. Hingga dapat mengetahui mana maskapai penerbangan yang dapat memberikan pelayanan baik dan mana yang tidak memberikan pelayan baik sehingga ini dapat membuat pertimbangan untuk memberikan izin operasi pada maskapai terkait.

2. Dapat Memberikan Informasi Pendapatan

Sistem informasi penerbangan di bandara salah satu manfaatnya adalah dirjen perhubungan dapat memantau pendapatan yang dihasilkan dari masing-masing maskapai penerbangan. Sehingga dirjen perhubungan dapat memperkirakan laba atau rugi yang didapat masing-masing maskapai.

3. Dapat Memberikan Informasi Rute yang Menguntungkan

Selain dapat memberikan informasi penerbangan, sistem ini mempunyai keuntungan yaitu, memberikan informasi rute yang paling cocok diambil saat penerbangan. Serta, sebagai bahan pertimbangan pihaka maskapai untuk membuka rute tambahan bagi pengguna layanan transportasi udara.

4. Dapat Memberikan Informasi Jika Ada Masalah Dalam Penerbangan

Dirjen perhubungan menerangkan bahwa dengan adanya sistem informasi penerbangan di bandara ini adalah dapat mengetahui laporan harian yang menyangkut suatu hal. Dengan adanya layanan sistem ini maka, suatu masalah seperti delay atau yang lainnya yang biasanya memerlukan waktu yang lumayan lama dalam penyelesaiannya dapat diselesaikan dengan cepat dan akurat.

Tampilan Desain Sistem Informasi Penerbangan di Bandara

Sistem informasi penerbangan atau FIDS biasanya sengaja diesain dengan menarik oleh kontraktor hvac. Hal ini dapat dilihat dari komponen-komponen yang dimiliki FIDS ini, seperti interface yang memliki data network dan range untuk service. Biasanya desain FIDS ini menggunakan modul disain karena penggunaanya cenderung lebih mudah dan juga tepat digunakan di bandara dan juga memiliki monitor yang penuh sehingga mampu membaca berbagai jenis grafik serta huruf.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *