Tips Merawat Partisi Kayu

Partisi Kayu Mudah Rusak? Yuk Ikuti Tips Merawat Partisi Berbahan Kayu Disini!

Saat ini semakin banyak hunian seperti rumah dan apartemen memanfaatkan kayu sebagai bahan untuk dekorasi interior. Dengan semakin berkembnagnya zaman, kayu tidak hanya dipakai sebagai material pembuatan dinding dan lantai saja, namun juga digunakan sebagai bahan partisi atau sekat ruang. Partisi kayu berfungsi sebagai pembatas antar ruang sebagai bahan pengganti dinding bata. Berbagai kelebihan yang dimiliki material kayu seperti mudah dibentuk dan memiliki tekstur alami, membuatnya banyak dilirik oleh masyarakat untuk menghias hunian mereka supaya terkesan elegan dan hangat.

Namun dibalik kelebihannya tersebut, ternyata material kayu juga memiliki beberapa kelemahan. Misalnya seperti mudah terkena rayap, tidak tahan terhadap perubahan cuaca, mudah lapuk dan mudah terkena jamur membuat partisi berbahan kayu ini membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Adapun tips jitu dalam merawat partisi berbahan kayu, akan diulas dibawah ini.

Membersihkan Partisi secara Berkala

Partisi dengan bahan kayu biasanya cenderung lebih rentan terkena jamur, akibat udara yang lembab. Oleh sebab itu, usahakan untuk membersihkan partisi minimal 2 (dua) hari sekali dari debu yang menempel menggunakan kain kering atau kemoceng. Jika diperlukan lapisi partisi menggunakan cairan khusus, agar tetap mengkilap dan tidak mudah kusam.

Usahakan Partisi Tidak Terkena Bahan Cair

Jenis perabotan seperti partisi kayu minimalis usahakan tidak terkena bahan cair seperti air, alkohol, kopi atau teh karena bisa lebih mudah lapuk dan permukaannya menjadi belang. Jika partisi sudah terlanjur terkena bahan cair, lebih baik langsung segera dibersihkan dan jangan menunggu hingga kering karena bisa menyebabkan partisi menjadi belang.

Membersihkan Partisi Menggunakan Air Sabun

Apabila ada noda yang membandel menempel pada partisi kayumaka bersihkan menggunakan air sabun. Caranya sabun dicairkan ke air lalu campur, setelah itu celupkan kain bersih ke dalam campuran air sabun dan gosokkan secara perlahan ke atas permukaan partisi yang terkena noda. Usahakan dalam membersihkan noda jangan terlalu ditekan, karena akan menggores permukaan partisi. Apabila noda sudah bersih, kemudian keringkan dengan menggunakan kain kering yang bersih.

Usahakan Partisi Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Merawat Partisi Kayu

Bahan kayu sangat rentan dengan perubahan cuaca, karena bisa membuat tekstur pada kayu mengembang dan menyusut. Oleh sebab itu, jika ingin memakai partisi berbahan kayu lebih baik letakkan partisi di dalam ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga atau ruang makan. Penambahan partisi akan membuat ruangan semakin cantik dan tidak membosankan.

Dengan semakin banyaknya permintaan dari masyarakat akan partisi kayu minimalismembuat para pengrajin kayu kebanjiran orderan. Pemakaian partisi berbahan kayu terbilang cukup efektif dan dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding dinding berbahan batu bata. Apabila partisi mulai terlihat kusam, maka Anda dapat melakukan pengecetan (coating) ulang dengan menggunakan bantuan tenaga profesional agar partisi bahan kayu tidak rusak.

Untuk menghindari partisi terkena rayap, lebih baik semprotkan cairan khusus penghilang rayap supaya partisi berbahan kayu lebih awet. Sebenarnya masih banyak partisi yang terbuat dari bahan lainnya seperti gypsum, bambu atau kaca yang bisa ditemui dipasaran. Akan tetapi kebanyakan orang memilih bahan kayu, karena dianggap memiliki nilai seni yang tinggi jika dijadikan hiasan pada hunian maka jadi terlihat mewah, elegan dan menyatu dengan alam. Selain itu, suasana dalam rumah juga menjadi lebih hangat.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *