Hindari Lubang dan Celah

Serangga Menyerang Tembok Rumah? Atasi dengan 4 Cara Ini!

Tembok adalah salah satu komponen rumah yang penting dalam melindungi anggota keluarga dari berbagai bahaya di luar, misalnya bahaya cuaca ekstrem. Oleh karena itu, terkadang beberapa pemilik rumah memilih untuk memberikan perhatian secara khusus terhadap tembok rumahnya, seperti dengan memperhatikan sisi estetikanya. Ada yang berjuang mencari tempat jual wallpaper dinding akan langsung mencari wallpaper yang sesuai keinginan dengan harga wallpaper dinding yang pas di kantong. Namun sesungguhnya memberi perhatian pada tembok tidak cukup hanya dari sisi estetika. Tembok juga perlu dijaga kesehatannya, salah satunya dari serangan serangga-serangga yang mudah mengotori bahkan merusak tembok.

Tips Mengatasi Serangga di Tembok

Serangan serangga ke tembok rumah kita bisa datang kapan saja. Jika belum terganggu oleh serangga, maka harus segera dicegah. Namun bila sudah terlanjur terkena gangguan serangga, maka hal ini harus segera diatasi. Berikut 4 tips untuk mencegah dan mengatasi gangguan serangga di tembok rumah.

1. Bahan Alami

Untuk mengatasi serangga di tembok, kita dapat mengutamakan dahulu penggunaan bahan-bahan alami sebelum mencari ke toko wallpaper atau pun toko benda pembasmi serangga lainnya. Salah satu serangga yang paling sering mengganggu, yaitu rayap. Untuk mengatasinya, kita dapat menggunakan air rendaman beras. Kita dapat juga menggunakan kapur barus. Bau kapur barus yang menyengat mampu mengusir serangga untuk menjauh dari tembok. Jika ingin menggunakan kapur barus, kita dapat menggerus kapur barus dulu agar dapat ditabur ke area tembok.

2. Pestisida Ramah Lingkungan

 

Upaya mengatasi serangga juga didukung oleh kemajuan teknologi, yakni dengan kehadiran pestisida. Untuk menggunakan pestisida, pastikan menggunakan pestisida yang ramah lingkungan. Hal ini dapat dipastikan dengan mengecek bahan-bahan kandungan pestisida. Serangga dapat dibasmi dengan menyemprotkan pestisida pada hama. Jangan lupa untuk menggunakan masker saat pemakaian pestisida, ya!

3. Hindari Lubang dan Celah

 

Hindari Lubang dan Celah

Salah satu alasan utama hadirnya serangga yang menyerang tembok adalah adanya lubang maupun celah. Lubang biasanya mulai muncul pada tembok-tembok lama yang kian rapuh termakan umur. Lubang ini kemudian menjadi sarang bersemayamnya serangga yang mengganggu. Begitu pun halnya dengan celah. Jika kita meletakkan barang yang didekatkan pada tembok, pastikan jangan menyisakan celah di antaranya, misalnya ada celah antara meja dengan tembok. Hal ini dapat memicu serangga bersarang di sana. Untuk itu, hindari adanya lubang maupun celah sekecil apapun.

Baca juga: Peralatan Khusus yang Biasa Digunakan Kontraktor Kelistrikan

4. Gunakan Wallpaper

Wallpaper Dinding

 

Tips terakhir yang dapat Anda jadikan opsi ialah menggunakan wallpaper. Pada bagian awal artikel ini kita telah membahas fungsi wallpaper untuk meningkatkan estetika. Namun jangan salah, wallpaper juga dapat melindungi tembok kita dari serangan serangga, lho. Carilah tempat yang jual wallpaper dinding cukup tebal dan tidak mudah robek. Jika sudah menemukan wallpaper yang tepat, kita tinggal menyesuaikan kebutuhan dengan harga wallpaper dinding yang sesuai budget. Masalah serangga di tembok pun teratasi!

Demikianlah 4 tips menangkal serangan serangga di tembok rumah yang bisa Anda coba. Jangan langsung merasa panik apabila tembok jadi kotor atau rusak akibat serangga karena masih ada solusi untuk mengatasi persoalan tersebut. Untuk yang baru berniat mendirikan rumah sendiri atau sedang dalam proses membangun rumah, pertimbangkan berbagai tips yang ada di atas, ya. Toko wallpaperdan toko pestisida adalah beberapa contoh tempat untuk mencari benda-benda penyelamat tembok Anda. Dijamin tembok rumah Anda bukan hanya kokoh, indah, namun juga terjaga kesehatannya dari gangguan serangga.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *