Wajib Tahu! Ini Dia 4 Fakta Menarik Seputar Desain Minimalis

Wajib Tahu! Ini Dia 4 Fakta Menarik Seputar Desain Minimalis

Pamor hunian bergaya minimalis memang tengah naik daun dan hal ini terlihat dari banyak bangunan baru yang memakai konsep tersebut. Apabila berencana membangun rumah atau mungkin melakukan renovasi skala besar di rumah yang sekadang dihuni, maka bisa menimbang desain minimalis. Sangat cocok dipadukan dengan berbagai perabot maupun material bangunan termasuk pintu aluminium.

Awalnya desain minimalis ini populer lebih dulu di kawasan kota besar karena memang kebutuhan lahannya kecil, sehingga cocok di kota dengan lahan kosong yang sangat terbatas. Perlahan desain ini pun menyebar semakin luas karena memang punya daya tarik yang membuat siapa saja menyukainya.

4 Fakta Menarik Dari Desain Minimalis

Jika tertarik untuk mengusung gaya minimalis dari rumah impian yang hendak dibangun, maka kenali betul desain satu ini dengan seksama. Bisa dimulai dari beberapa fakta menariknya di bawah ini:

1. Terlihat modern

 

modern 

Mendengar kata “minimalis” membuat siapa saja pada awalnya akan berpikir jika gaya desain rumah semacam ini cenderung asal-asalan. Namun jangan salah sangka dulu, karena meski memakai kata tersebut buktinya rumah minimalis tidak terlihat dibangun secara asal. Rumah dengan gaya yang satu ini dijamin akan sedap dipandang dan tidak pernah membosankan.

Hal ini karena rumah minimalis mengusung konsep modern yang simpel, indah, sekaligus elegan. Penambahan material bangunan modern kerap menjadi pilihan, misalnya saja menambahkan pintu kaca aluminium maupun komponen modern lainnya.

2. Desain ringan dan simpel

 

Desain ringan dan simpel

Mengusung konsep minimalis pada sebuah rumah tidak serta merta bisa mendapatkan kesan modern dan indah secara instan. Pemilik rumah perlu memakai trik cerdas agar sempitnya ruangan tetap menghadirkan kenyamanan dan keindahan. Maka biasanya desain minimalis ini memakai unsur ringan dan simpel, tidak terlalu banyak detail yang ribet.

3.  Warna khas

 

 Warna khas

Tak hanya sebatas pada tampilan fasad rumah sampai penataan ruangan demi ruangan, desain minimalis juga memerhatikan soal warna. Lahan yang terbatas menghasilkan rumah dengan ruangan yang sempit. Maka penentuan warna dinding akan memengaruhi suasana dalam ruangan, meski sempit tetap nyaman dan terkesan lapang.

Secara umum dominasi warna yang digunakan pada rumah bergaya minimalis adalah warna-warna netral. Memberi kesan lebih indah maka biasanya memakai warna gradasi dari beberapa warna netral yang dipilih. Misalnya warna cokelat muda dengan putih ataupun putih dengan abu-abu, sehingga cocok jika dipadukan dengan perabot maupun pintu aluminium yang warnanya juga netral.

4. Furniture dengan fungsi ganda

 

Furniture dengan fungsi ganda 

Fakta lain yang membuat sebuah rumah atau ruangan bergaya minimalis layak disebut minimalis adalah soal furniture. Furniture dalam ruangan minimalis lebih ideal memakai furniture dengan fungsi ganda. Misalnya saja memakai dipan yang menyatu dengan laci pakaian, sehingga satu perabot paling tidak punya dua fungsi agar hemat ruang.

Perabot semacam ini semakin mudah ditemukan di  berbagai toko ataupun mall yang menjual furniture modern. Bisa pula dipesan secara khusus supaya baik desain maupun ukurannya pas dengan kebutuhan ruangan. Hanya saja jika dipesan maka biaya yang dikeluarkan akan lebih tinggi, sehingga bisa dipertimbangkan dulu dengan cermat dan di diskusikan dengan pasangan.

Rumah bergaya minimalis yang memang sangat populer kerap kali menjadi rumah impian bagi setiap pasangan. Kebutuhan lahan yang memang tidak seberapa menjadikannya cocok untuk pasangan muda maupun yang tinggal di kota padat penduduk. Namun, kenali dulu fakta-fakta terkait desain minimalis ini agar bisa menghadirkannya secara ideal dan nampak cocok dipadukan dengan pintu aluminium.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *